TANTANGAN DAN PELUANG PENERIMAAN MAHASISWA BARU DI ERA DIGITAL Mataer Digital April 1, 2024

TANTANGAN DAN PELUANG PENERIMAAN MAHASISWA BARU DI ERA DIGITAL

TANTANGAN DAN PELUANG PENERIMAAN MAHASISWA BARU DI ERA DIGITAL
TANTANGAN DAN PELUANG PENERIMAAN MAHASISWA BARU DI ERA DIGITAL

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh perguruan tinggi di setiap pembukaan ajaran baru. Dalam pelaksanaannya PMB memiliki banyak variasi jalur seleksi untuk melakukan pendaftaran, tergantung dengan kebijakan masing-masing perguruan tinggi. Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menyelenggarakan tiga jalur dalam penyeleksian calon mahasiswa yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Sementara pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menyelenggarakan berbagai jalur tes PMB, antara lain: jalur prestasi (tanpa tes), jalur tes, jalur undangan dengan sekolah yang telah memiliki kerja sama, dan lain-lain. Sedangkan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) menyelenggarakan PMB dengan jadwal dan tes tersendiri.

Apa Itu Era Industri 4.0?

Di era industri 4.0 ini berbagai inovasi teknologi dan strategi baru yang bertujuan untuk mempermudah proses pelaksanaan kegiatan pendidikan karena perguruan tinggi diwajibkan mampu memenuhi standar keilmuan yang dibutuhkan di masa ini dan masa depan. Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, khususnya pada pasal 18 dan 15, bertujuan untuk menjawab tantangan atas kapasitas perguruan tinggi yang belum dapat beradaptasi secara cepat untuk mempersiapkan lulusan yang relevan sekaligus bermutu dengan dengan hadirnya Industri 4.0.

Tantangan dan Peluang Penerimaan Mahasiswa Baru?

Kompetisi dalam Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dengan sesama perguruan tinggi menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian perguruan tinggi. Belum lagi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) membuka kuota untuk daya tampung yang lebih banyak sehingga gelombang penerimaan mahasiswa baru memakan waktu lebih lama. Seperti yang kita ketahui bahwa peserta didik memiliki kecenderungan untuk masuk ke dalam Perguruan Tinggi Negeri dengan alasan yang beragam, mulai dari peluang beasiswa yang lebih banyak, tenaga didik yang cukup berkompeten, peluang kerja tinggi, hingga fasilitas yang memadai. Tentunya hal ini cukup menyulitkan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) untuk bersaing di dalam melaksanakan kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru.

Di dalam proses yang cukup panjang ini calon peserta didik memiliki fleksibilitas yang tinggi untuk menentukan perguruan tinggi mana yang akan mereka pilih. Disinilah Tantangan sekaligus peluang untuk Perguruan Tinggi Swasta dalam menarik minat calon peserta didik atau calon mahasiswanya. Perguruan tinggi Swasta harus berkompetisi untuk menarik minat calon mahasiswa mulai dari kemudahan akses calon peserta didik dalam mencari informasi tentang perguruan tinggi, seperti memberikan informasi tentang cara pendaftaran, tren jurusan, kegiatan non akademis, fasilitas, hingga prestasi kampus dan hal-hal lainnya yang dapat menarik peserta didik serta orang tua untuk memantapkan pilihan mereka.

Tahapan pendaftaran pun tidak kalah penting bagi peserta didik dalam pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru, karena hal ini dapat memperbesar peluang minat dari calon peserta didik. Tetapi masih banyak perguruan tinggi yang memiliki kendala akibat keterbatasan tenaga didik (Tendik) faktor utamanya karena pelaksanaannya masih dilakukan secara manual. Hal ini membuat pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru (PMB) menjadi tidak efektif dan efisien. Di era industri 4.0 ini inovasi demi inovasi terus dikembangkan, teknologi diperbarui dan dikembangkan untuk memudahkan kegiatan perguruan tinggi.

Salah satunya ialah Civitas PMB yang baru saja diluncurkan oleh Mataer Digital sebagai solusi pengoptimalan proses penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi. Berikut peran Civitas PMB dalam proses pendaftaran di perguruan tinggi:

  • 1. Registrasi Online – Calon mahasiswa dapat mendaftar secara online tanpa perlu datang ke kampus.
  • 2. Input Data Pendaftaran – Calon mahasiswa bisa mengisi data pribadi dan akademik selama proses pendaftaran.
  • 3. Upload Dokumen – Calon mahasiswa dapat meng-upload dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam format digital.
  • 4. Sistem Pembayaran Terintegrasi – Calon mahasiswa dapat melakukan pembayaran biaya pendaftaran langsung di Sistem informasi penerimaan mahasiswa baru, sehingga memudahkan dan mempercepat proses pembayaran.
  • 5. Tes Berbasis Komputer (CBT) – Sistem informasi penerimaan mahasiswa baru juga mendukung proses tes seleksi dalam bentuk CBT yang dapat dilakukan calon mahasiswa.

Civitas PMB ataupun SIAKAD 4.0 Mataer Digital menjadi jawaban atas berbagai tantangan yang dihadapi perguruan tinggi dalam masa Penerimaan Mahasiswa Baru. Civitas PMB dan SIAKAD 4.0 dapat membuka peluang yang lebih besar untuk menambah minat peserta didik. Kehadiran SIAKAD 4.0 dalam era baru industri 4.0 hadir untuk mempermudah kegiatan akademik perguruan tinggi dari hulu hingga hilir. Ataupun Civitas PMB yang hadir sebagai solusi strategis yang dikhususkan untuk masa penerimaan mahasiswa baru diperguruan tinggi. Jadi tunggu apa lagi? Segera implementasikan SIAKAD 4.0 Mataer Digital ataupun Civitas PMB di Perguruan Tinggi anda!

Write a comment
Your email address will not be published. Required fields are marked *