RAKORDA LDDIKTI WILAYAH III 2023 Mataer Digital March 24, 2023

RAKORDA LDDIKTI WILAYAH III 2023

RAKORDA LLDIKTI III JAKARTA

MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA: TEROBOSAN BERANI YANG PENUH ARTI

BEKASI – Dalam rangka menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja, dan kemajuan teknologi, kompetensi mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi harus disesuaikan dengan kebutuhan zaman. Perguruan tinggi dituntut untuk merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif dan relevan agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran secara optimal. Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi diharapkan dapat memenuhi tuntutan tersebut dengan memberikan pembelajaran yang otonom, fleksibel, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Proses pembelajaran dalam Kampus Merdeka berpusat pada mahasiswa dan memberikan tantangan serta kesempatan untuk pengembangan inovasi, kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa. Dengan program merdeka belajar yang baik, hard dan soft skills mahasiswa dapat terbentuk dengan kuat, sehingga kelak mahasiswa dapat menjadi pilar-pilar kokoh sebagai generasi SDM unggul bagi bangsa dan negara.

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III, Provinsi D.K.I. Jakarta merupakan satuan kerja yang mengemban tugas melaksanakan fasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi, sesuai dengan amanah Permendikbudristek Nomor 35 Tahun 2021. Pada bulan Maret 2023 ini, LLDikti Wilayah III bermitra dengan 283 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan 5 Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Pada acara Rapat Koordinasi Daerah (RAKORDA) bersama Pimpinan Perguruan Tinggi dan Badan Penyelenggara di lingkungan LLDikti Wilayah (Selasa, 21 Maret 2023) di Kampus Universitas Bina Sarana Informatika Kaliabang Bekasi, Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P selaku Kepala Lembaga menuturkan

Kami terus mendorong perguruan tinggi untuk dapat mencetak lulusannya agar dapat diserap secara optimal oleh dunia usaha dan industri, dengan terus meningkatkan mutu melalui 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi dan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P selaku Kepala Lembaga menyampaikan komitmen LLDikti Wilayah III untuk menetapkan strategi dan inovasi layanan agar perguruan tinggi di lingkungannya dapat memperoleh akreditasi unggul agar dapat menginspirasi satu Indonesia

Dalam waktu yang bersamaan, hadir juga Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan, Teknologi, Prof. Ir. Nizam, M.Sc, DIC., Ph.D, Direktur Bina Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri Siti Kustiati, SE.,M.Si, serta Prof. Warsito, S.Si, DEA, PhD, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Dalam diksusi antara para narasumber dan para pimpinan perguruan tinggi, dibahas juga bahwa Pendidikan tinggi merupakan penghasil sumber daya manusia yang handal. Sinergi dan kolaborasi antar perguruan tinggi serta industri dapat menjadi solusi. Diharapkan melalui pendanaan Pendidikan tinggi dapat menjadi asupan semangat baru bagi perguruan tinggi, terutama dalam menghasilkan publikasi penelitian yang berkualitas. Dalam hal sumber daya, diharapkan perguruan tinggi dapat meningkatkan terus kualifikasi akademik dosen, kinerja tridharma perguruan tinggi, kompetensi, komitmen dan etika akademik. Selain itu, disampaikan juga mengenai kewajiban perguruan tinggi dalam hal pengurusan akreditasi dalam penjaminan mutunya secara berkelanjutan dan konsisten.

Pada sesi akhir acara, LLDikti Wilayah III memberikan sejumlah penghargaan bagi perguruan tinggi yang telah menjaga mutunya dengan baik kedalam berbagai kategori dan para Mitra Perguruan Tinggi SIAKAD 4.0 masuk kedalam beberapa nominasinya.

Write a comment
Your email address will not be published. Required fields are marked *