REKTOR IAIN SYEKH NURJATI TERIMA KUNJUNGAN MATAER DIGITAL Mataer Digital December 5, 2021

REKTOR IAIN SYEKH NURJATI TERIMA KUNJUNGAN MATAER DIGITAL

Cirebon, 5 Desember 2021. Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon terima kunjungan Mataer Digital. Kunjungan tersebut sebagai bentuk undangan konsultasi tata kelola sistem informasi akademik dan manajemen kampus yang saat ini sedang dikembangan IAIN Syekh Nurjati.

Kegiatan pengembangan implementasi teknologi di lingkungan IAIN Syekh Nurjati dalam rangka memaksimalkan pengelolaan manajemen kampus, menurut Dr. H Sumanta, M.Ag selaku Rektor kampus tersebut, terus dilakukan, termasuk pemanfaatan dukungan bantuan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Agama Islam. Butuh akselerasi keintegrasian yang mesti terus dikembangkan. Hal tersebut disampaikan mengingat masih banyaknya kegiatan yang melakukan pendataan ulang dalam sebuah kegiatan baru.

Hal senada juga disampaikan Zaidin Zaiti, selaku pelaku penyedia teknologi pendidikan Mataer Digital, ”Jika sebuah kegiatan masih melakukan pendataan ulang dalam sebuah kegiatan, pertanda antara kegiatan satu dengan yang lainnya belum terintegrasi. Pusat data kampus semestinya dapat menjadi sumber data semua kegiatan, sehingga hanya membutuhkan pintu-pintu akses agar tersambung dengan kegiatan lain. Jangan sampai, hanya membutuhkan data dan informasi  mahasiswa dalam sebuah kegiatan, dilakukan penginputan berulang-ulang. Hidden cost sangat tinggi,” ujar Zaidin.

Disampaikan juga oleh Devid Hardi, selaku praktisi teknologi pendidikan yang turut berdiskusi dalam kesempatan tersebut, ”Kesulitan kampus saat ini adalah mengintegrasikan semua kegiatan dalam satu layanan platform, mengingat dari satu sistem ke sistem lainnya tidak dipersiapkan terintegrasi.  Aplikasi dirancang tidak siap Open API, sebuah istilah dalam pengembangan yang dapat menyambungkan satu sistem ke sistem lainnya.” -Red/Selim

Write a comment
Your email address will not be published. Required fields are marked *