HAMBATAN DALAM PENGELOLAAN DATA DI PERGURUAN TINGGI, APA SAJA? Mataer Digital May 16, 2024

HAMBATAN DALAM PENGELOLAAN DATA DI PERGURUAN TINGGI, APA SAJA?

Perguruan tinggi memang harus memahami betul pentingnya pengolahan data yang optimal untuk mendukung berbagai aspek operasional agar institusi bisa fokus ke sektor lain untuk berinovasi atau melakukan pengembangan. Pengelolaan data di perguruan tinggi sangatlah kompleks, karena banyaknya data, dokumen, serta pelaporan yang harus diperbaharui terus-menerus. Sehingga sering kali menimbulkan data yang bermasalah atau dapat menyebabkan terjadi redudansi data.

Penyebab utama ketidak akuratan data itu sendiri dikarenakan masih banyak ditemukan perguruan tinggi yang menggunakan sistem tata kelola kampus dengan cara manual. Kendala yang kerap kali dialami oleh Perguruan Tinggi yaitu kesulitan saat memenuhi data yang dibutuhkan untuk pelaporan PDDIKTI, IKU, hingga akreditasi.

Berikut, terdapat beberapa hambatan serius yang perlu diperhatikan untuk memastikan pengolahan data yang optimal:

1. Data Mahasiswa dan stakeholder kampus

Sebuah perguruan tinggi memiliki data yang berlimpah mulai dari data Mahasiswa, data dosen hingga stakeholder lainnya. Kegiatan di perguruan tinggi pun harus terlampir ketika dibutuhkan seperti data-data untuk dikirim ke PDDIKTI, IKU, dan pengajuan akreditasi.

Dengan Layanan SIAKAD 4.0 semua masalah itu sudah bisa diatasi, contohnya dibagian data mahasiswa. Karena aplikasi ini memiliki portal mahasiswa yang sudah dapat men generate NIM secara otomatis. Mulai dari penginputan biodata calon mahasiswa hingga calon mahasiswa dinyatakan lulus

2. Jumlah data bahan ajar sangat besar

Data base yang belum siap menampung data transaksional pembelajaran yang sangat besar. Setiap hari data transaksional mahasiswa dan dosen wajib di dokumentasi sebagai bukti pengajaran seperti data kehadiran mahasiswa, materi mahasiswa, tugas/kuis dan berbagai data lainnya.

Di aplikasi SIAKAD 4.0 Sendiri sudah menggunakan penyimpanan yang berbasis Cloud Server. Terdapat juga untuk fitur jumlah kehadiran mahasiswa, bahan ajar, serta tugasnya. Semua itu sudah terbackup hanya dengan satu sistem aplikasi saja.

3. Data tidak sinkron

Rekapitulasi data yang diakses secara manual seringkali menyebabkan ketidak sinkron data antara data yang tersimpan dan data yang baru direkap. Jika dibiarkan terus-menerus hal ini dapat menyebabkan masalah yang serius.

Dengan mengimplementasikan SIAKAD 4.0 perguruan tinggi dapat mengatasi masalah Human Error. Karna didalam SIAKAD 4.0 semua sistemnya sudah saling terhubung dan dapat saling terintegrasi satu sama lain. Sehingga pastinya kinerja pegawai akan jauh lebih cepat dan tentu kualitasnya akan jauh lebih baik.

Mengimplementasikan SIAKAD 4.0 adalah solusi tepat bagi Perguruan Tinggi dalam memperbaiki manajemen pengelolaan data. Karena semua datanya sudah saling terintegrasi satu sama lain. Banyak fitur-fitur menarik serta layanan terbaik yang akan didapatkan oleh perguruan tinggi saat menggunakan layanan SIAKAD 4.0 dari Mataer digital.

Dengan harga yang terjangkau perguruan tinggi dapat merasakan perubahan positif dari kehadiran aplikasi SIAKAD 4.0. Mari segera terapkan SIAKAD 4.0 dari Mataer Digital untuk kemudahan kinerja tenaga didik di Perguruan Tinggi. Untuk informasi lebih detail segera hubungi 085731238294.

Write a comment
Your email address will not be published. Required fields are marked *