SISTEM OPEN API YANG MEMUDAHKAN PERGURUAN TINGGI Mataer Digital May 10, 2023

SISTEM OPEN API YANG MEMUDAHKAN PERGURUAN TINGGI

Sistem Open API yang memudahkan Perguruan Tinggi
Sistem Open API yang memudahkan Perguruan Tinggi

Kini dengan adanya perkembangan digitalisasi Sistem Informasi Akademik, SIAKAD 4.0 Mataer Digital mengembangkan aplikasinya sehingga bisa memanfaatkan Open API sebagai pengingkatan layanan pengintegrasian dengan aplikasi lain yang dikembangkan oleh pihak kampus. API adalah singkatan dari Application Programming Interface. API adalah sebuah set perintah, protokol, dan tool yang digunakan untuk membangun aplikasi atau software dan memungkinkan komunikasi antara aplikasi atau sistem yang berbeda. API memungkinkan aplikasi atau sistem untuk berinteraksi dengan satu sama lain dengan cara yang terstruktur dan standar. API dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu API internal dan API eksternal. API internal digunakan dalam perusahaan atau organisasi untuk mengintegrasikan aplikasi atau sistem yang berbeda dalam lingkungan internal. API eksternal digunakan untuk mengintegrasikan aplikasi atau sistem yang berbeda di luar lingkungan perusahaan atau organisasi.

Fungsi API dalam aplikasi SIAKAD 4.0, antara lain: 

  • Meringankan beban server
  • Mengembangkan aplikasi agar lebih efisien
  • Membuat aplikasi yang fungsional

Adapun pemanfaatan Open API dalam aplikasi SIAKAD 4.0, yaitu sebagai berikut:

  • Efisiensi Proses Pengembangan Aplikasi

Pemanfaatan Open API memungkinkan pengembang untuk mendapatkan kemudahan dalam menghadirkan fitur-fitur kompleks ke dalam aplikasi. 

  • Menghadirkan Fitur yang Lebih Kaya

Adanya Open API juga memungkinkan sebuah aplikasi memiliki ragam fitur yang lebih kaya, memungkinkan aplikasi menghadirkan fungsionalitas yang lebih banyak tanpa harus melakukan pengembangan secara spesifik. Dengan memanfaatkan API sistem pembayaran (payment gateway), sebuah aplikasi bisa memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran dari bank apapun yang terdaftar di Indonesia.

  • Meningkatkan Kinerja Aplikasi

Pemrosesan fungsi atau fitur dari API sepenuhnya diproses melalui sistem server yang dimiliki API. Dengan demikian hal ini bisa meringankan sistem server dan basis data yang dimiliki aplikasi. Dengan utilisasi sumber daya server yang terjaga, akan berimplikasi pada kinerja aplikasi yang lebih ringan dan cepat.

  • Meningkatkan Compliance
    Layanan Open API juga memudahkan pengembang aplikasi untuk mendapatkan layanan yang memenuhi kepatuhan regulasi. Biasanya urusan ke regulasi: pengujian, standardisasi, hingga jaminan keamanan akan dikelola oleh penyedia layanan API. 
  • Mengurangi Risiko terkait Keamanan
  • Hemat Biaya dan Scalable

Jadi, memudahkan bukan jika Sistem Informasi Akademik di perguruan tinggi anda sudah Open API. Perguruan Tinggi dapat mengeksplor lebih banyak lagi pengembangan aplikasi untuk mengoptimalkan layanan perguruan tinggi dan pastinya tetap terintegrasi dengan SIAKAD yang ada dikampus. Oleh karena itu segera implementasikan SIAKAD 4.0 di perguruan tinggi anda, untuk nikmati berbagai fitur dan layanannya!

Write a comment
Your email address will not be published. Required fields are marked *