KUATKAN REGULASI PERSYARATAN KRS MELALUI SIAKAD 4.0 Mataer Digital June 27, 2024

KUATKAN REGULASI PERSYARATAN KRS MELALUI SIAKAD 4.0

Dalam era teknologi digital yang berkembang pesat, transformasi dalam sistem pendidikan menjadi semakin penting. Salah satu inovasi yang signifikan adalah penerapan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) 4.0, yang tidak hanya mempermudah administrasi perguruan tinggi tetapi juga memperkuat regulasi terkait Kurikulum dan Rencana Studi (KRS) mahasiswa. Mari kita telusuri bagaimana SIAKAD 4.0 menguatkan aspek-aspek penting dalam pengelolaan KRS:

1. Pengajuan KRS secara Online

SIAKAD 4.0 memungkinkan mahasiswa untuk mengajukan KRS secara online dengan mudah dan cepat. Tidak perlu lagi antri atau mengisi formulir secara manual di kampus. Mahasiswa dapat mengakses jadwal perkuliahan, memilih mata kuliah sesuai minat dan kebutuhan, serta mengatur jadwal belajar mereka dengan efisien. Hal ini tidak hanya menghemat waktu tetapi juga memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi mahasiswa dalam merencanakan studi mereka.

2. Batas KRS yang Diizinkan

Perguruan tinggi pasti memiliki regulasi masing-masing terhadap batas rentan waktu pelaksanaan KRS ataupun batas Pengambilan SKS pada tiap semesternya. SIAKAD 4.0 secara otomatis dapat membatasi rentan waktu pelaksanaan KRS sesuai dengan kebijakan yang diterapkan di kampus. Batas SKS yang diizinkan juga sudah bisa diterapkan sesuai  dengan regulasi yang ada. Dengan sistem ini, perguruan tinggi dapat memonitor aktifitas kegiatan KRS mahasiswa sepenuhnya melalui sistem yang terintegrasi.

3. Pemenuhan Prasyarat KRS

SIAKAD 4.0 secara akurat mencatat pemenuhan prasyarat KRS tiap individu mahasiswa. Karena aplikasi ini sudah mengakomodir seluruh kegiatan mahasiswa mulai dari kegiatan akademik, IPK, rekap presensi, hingga tunggakan yang mungkin masih dimiliki oleh tiap mahasiswa. Sebelum mengajukan KRS, sistem ini memverifikasi apakah mahasiswa telah menyelesaikan semua prasyarat yang sudah ditetapkan oleh institusi. Ini tidak hanya mengoptimalkan proses KRS, tetapi juga memastikan bahwa setiap mahasiswa membangun fondasi pengetahuan yang kohesif dan terstruktur.

4. Konsultasi dengan Dosen Pembimbing Akademik (DPA)

Melalui melalui fitur yang ada didalam SIAKAD 4.0, mahasiswa dapat dengan mudah mengatur konsultasi dengan Dosen Pembimbing Akademik (DPA). Komunikasi yang terintegrasi ini memfasilitasi pembahasan mengenai rencana studi, saran pengembangan karir akademik, serta pertimbangan terkait penyesuaian rencana studi berdasarkan minat dan tujuan pribadi mahasiswa. Dengan demikian, hubungan antara mahasiswa dan DPA menjadi lebih erat dan produktif.

Selain pemaksimalan proses KRS di perguruan tinggi, SIAKAD 4.0 juga terdapat fitur push notification dan fitur informasi singkat yang dapat dimanfaatkan perguruan tinggi untuk memberikan informasi dan himbauan, baik itu terkait kegiatan pelaksanaan KRS maupun informasi seputar kampus atau akademik. Penerapan aplikasi ini bukan hanya tentang mengadopsi teknologi terbaru, tetapi juga tentang meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa dan mengoptimalkan pengelolaan akademik. Dengan memanfaatkan keunggulan teknologi, perguruan tinggi dapat menciptakan lingkungan yang mendukung, terstruktur, dan inovatif bagi seluruh stakeholder.
Dapatkan keunggulan dalam pengelolaan Kurikulum dan Rencana Studi (KRS) dengan SIAKAD 4.0! Hubungi kami (085731238294) sekarang untuk konsultasi lebih lanjut atau demo aplikasi gratis. Mari bersama-sama meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan akademik di perguruan tinggi Anda!

Write a comment
Your email address will not be published. Required fields are marked *