3 FAKTOR PENURUNAN JUMLAH CALON MAHASISWA BARU DI PERGURUAN TINGGI Mataer Digital April 23, 2024

3 FAKTOR PENURUNAN JUMLAH CALON MAHASISWA BARU DI PERGURUAN TINGGI

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) menjadi kegiatan rutin yang diadakan oleh perguruan tinggi di setiap pembukaan ajaran baru. Dalam pelaksanaannya PMB memiliki banyak variasi jalur seleksi untuk melakukan pendaftaran, tergantung dengan kebijakan masing-masing perguruan tinggi. Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menyelenggarakan tiga jalur dalam penyeleksian calon mahasiswa yaitu SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi), SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes), dan Seleksi Mandiri. Sementara pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menyelenggarakan berbagai jalur tes, antara lain: jalur prestasi (tanpa tes), jalur tes, jalur undangan dengan sekolah yang telah memiliki kerja sama, dan lain-lain.

1. Kurang Menunjukkan Kualitas Perguruan Tinggi

Pentingnya menunjukkan kualitas perguruan tinggi menjadi salah satu faktor penentu calon mahasiswa atau orang tua dalam memilih sebuah perguruan tinggi.

Akreditasi yang baik, program studi yang relevan dan berkualitas, fasilitas kampus yang memadai, serta kegiatan kampus yang menarik adalah faktor yang perlu diperhatikan dan harus ditonjolkan oleh perguruan tinggi. Perguruan tinggi harus fokus melakukan upaya terus menerus untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ditawarkan agar calon mahasiswa serta orang tua merasa tertarik dan yakin untuk masuk ke perguruan tinggi.

2. Kurangnya Sosialisasi Perguruan Tinggi

Sosialisasi terkait perguruan tinggi juga tidak kalah penting, karena sosialisasi merupakan upaya dalam memperkenalkan perguruan tinggi kepada calon mahasiswa serta orang tua. Penting untuk menginformasikan secara komprehensif semua yang ditawarkan oleh perguruan tinggi, mulai dari program studi unggulan, fasilitas kampus yang memadai, hingga kegiatan kampus yang menarik calon mahasiswa. Dengan meningkatkan sosialisasi dan komunikasi yang efektif, calon mahasiswa akan lebih mungkin tertarik untuk bergabung dengan perguruan tinggi. Metode pelaksanaan sosialisasi ini bisa melalui online, pameran pendidikan, dan kunjungan ke sekolah-sekolah, cara ini menjadi cara efektif untuk memperluas basis calon mahasiswa.

3. Proses Penerimaan Yang Rumit

Proses penerimaan yang rumit dan membingungkan dapat hambatan calon mahasiswa baru untuk ikut bergabung ke perguruan tinggi. Membuat proses penerimaan lebih mudah dan sederhana, memberikan panduan yang jelas, serta memberikan dukungan kepada calon mahasiswa selama proses pendaftaran dapat membuka peluang yang lebih luas untuk penerimaan calon mahasiswa baru. 

Untuk menyederhanakan proses penerimaan mahasiswa baru, perguruan tinggi dapat mengimplementasikan Civitas PMB Mataer Digital. Civitas PMB ini sudah bisa diakses secara online kapanpun dan dimanapun. Kehadiran Civitas PMB Online dapat memberikan pengalaman pendaftaran yang lebih mudah dan efisien bagi calon mahasiswa baru. Platform ini juga dapat membantu kinerja pegawai khususnya bagian PMB untuk mengelola dan memfasilitasi proses penerimaan mahasiswa baru sehingga lebih efektif dan efisien. Segera manfaatkan Civitas PMB Mataer Digital untuk kemudahan perguruan tinggi dalam pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru.

Write a comment
Your email address will not be published. Required fields are marked *