OPTIMASI PELAPORAN SISTER: MENINGKATKAN KUALITAS DATA DOSEN UNTUK AKREDITASI PERGURUAN TINGGI YANG LEBIH BAIK admin September 22, 2023

OPTIMASI PELAPORAN SISTER: MENINGKATKAN KUALITAS DATA DOSEN UNTUK AKREDITASI PERGURUAN TINGGI YANG LEBIH BAIK

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek RI) memiliki sejumlah aplikasi dan sistem informasi yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi. Salah satunya adalah Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER), yang berfungsi sebagai platform berisi data pendidik, seperti portofolio, perubahan data dosen, serta proses-proses terkait kepangkatan dan karir dosen.

Fungsi utama dari aplikasi SISTER adalah mempermudah perguruan tinggi dalam mengelola data dosen, sehingga potensi-potensi yang dimiliki oleh dosen dapat dikelola secara lebih efisien. SISTER juga berperan dalam menyajikan data yang lebih berkualitas kepada SDM IPTEK dan DIKTI. Manfaat SISTER bagi dosen meliputi membantu dalam pengembangan karir, mengurangi beban kerja, memastikan data dosen tetap terupdate, serta memberikan transparansi, kemudahan, dan kepastian dalam proses kerja mereka.

Lalu, apa manfaat yang dirasakan oleh perguruan tinggi ketika pelaporan SISTER nya optimal ke Dikti?

Tentu saja, manfaat dari proses pelaporan SISTER tidak hanya dirasakan oleh dosen, melainkan juga bagi perguruan tinggi, di antaranya:

  1. Sistem aplikasi SISTER bermanfaat untuk mempercepat akreditasi
  2. Semua data terutama milik dosen bisa lebih terorganisir
  3. Data lebih bisa dikelola dengan mudah

Ketika perguruan tinggi berhasil mengoptimalkan proses pelaporan data SISTER ke Dikti dengan baik, maka akan memudahkan proses akreditasi perguruan tinggi tersebut. Hal ini sejalan dengan informasi yang tercantum dalam buku panduan IKU, dimana Delapan Indikator Kinerja Utama dipilih sebagai indikator perubahan yang memiliki dampak signifikan pada kualitas lulusan, kualitas dosen, dan kualitas kurikulum. Oleh karena itu, kualitas dosen juga menjadi salah satu komponen penting dalam proses akreditasi perguruan tinggi. Dalam konteks ini, kebijakan pelaporan data dosen ke aplikasi SISTER menjadi hal yang sangat penting.

Guna proses pelaporan SISTER ke Dikti dapat berjalan dengan lancar, perguruan tinggi perlu didukung oleh teknologi yang canggih dan terintegrasi, serta mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut.. Dalam proses penginputan pelaporan, penting untuk memiliki sistem pengelolaan data yang telah terintegrasi dan dioptimalkan. 

Dengan adanya SIAKAD 4.0 Mataer Digital di perguruan tinggi, proses pelaporan data ke SISTER dapat menjadi lebih efisien dan cepat. Pasalnya, data-data yang diperlukan untuk pelaporan ke SISTER sudah dapat diakomodir dalam SIAKAD 4.0 Mataer Digital. Untuk mewujudkan Tata Kelola Perguruan Tinggi yang Berkualitas, segera implementasikan SIAKAD 4.0 Mataer Digital! Jangan lewatkan penawaran menarik yang tersedia! Terbatas!!!

Write a comment
Your email address will not be published. Required fields are marked *