MANFAT DIGITAL PAYMENT: TINGKATKAN EFEKTIVITAS KEUANGAN PERGURUAN TINGGI admin August 25, 2023

MANFAT DIGITAL PAYMENT: TINGKATKAN EFEKTIVITAS KEUANGAN PERGURUAN TINGGI

Pengelolaan keuangan menjadi salah satu aspek terpenting dalam menjalankan operasional sebuah perguruan tinggi. Dalam era yang sudah serba digital ini, peningkatan teknologi seperti digital payment atau pembayaran digital dapat membantu perguruan tinggi meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan keuangannya. Berikut beberapa manfaat utama dari penggunaan digital payment di perguruan tinggi;

  1. Peningkatan Efisiensi Operasional

Menggunakan sistem pembayaran digital dapat mengurangi pekerjaan administratif yang harus mengecek tagihan dan melayani pembayaran secara manual. Kehadiran Digital Payment membuat transaksi pembayaran dapat diproses secara otomatis, sehingga dapat menghemat waktu pengelolaan administrasi perguruan tinggi. Laporan keuangan dapat dihasilkan dengan cepat dan akurat, selain itu juga membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik.

  1. Kemudahan Aksesibilitas 

Pembayaran digital mempermudah mahasiswa untuk melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja, tanpa harus datang ke bagian keuangan perguruan tinggi. Hal ini sangat berguna untuk mahasiswa yang berhalangan hadir secara langsung ke kampus baik terkendala jarak maupun transportasi. Tentunya kemudahan ini juga dirasakan oleh bagian keuangan yang dapat melihat rekapan transaksi akademik dengan hasil yang real time dan juga akurat.

  1. Keamanan Keuangan

Digital payment biasanya memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi, termasuk enkripsi data dan perlindungan dari penipuan.

  1. Penghematan Biaya

Penggunaan pembayaran digital dapat menghemat biaya operasional lainnya pada perguruan tinggi, seperti penggunaan kertas untuk mencetak data transkrip transaksi akademik, atau pengelolaan data manual lainnya. Sehingga, perguruan tinggi dapat mengalokasikan anggaran ini untuk keperluan lain yang lebih urgent.

  1. Integrasi dengan Sistem Lain

Sistem pembayaran digital dapat diintegrasikan dengan sistem manajemen mahasiswa dan sistem keuangan perguruan tinggi, hal ini memungkinkan pengelolaan data yang lebih terkoordinasi dan pemantauan yang lebih baik atas arus kas keuangan.

Dalam merencanakan dan mengimplementasikan solusi pembayaran digital, perguruan tinggi perlu memastikan bahwa sistem keuangan tersebut aman, mudah digunakan, dan sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi. Selain itu, pelayanan purna jual dari sistem yang digunakan juga perlu diperhatikan, mulai dari pelatihan untuk para staf serta layanan technical support yang dapat diakses dengan mudah. 

SIAKAD 4.0 Mataer Digital dapat mengakomodir kemudahan dalam proses transaksi akademik maupun pencatatan keuangan pada perguruan tinggi karena sudah terintegrasi dengan Host To Host Banking System dan Payment Gateway dengan variasi pilihan metode pembayaran yang beragam dan dinamis. SIAKAD 4.0 Mataer Digital merupakan layanan pendidikan Sistem Informasi Akademik Terintegrasi yang sudah digunakan oleh banyak perguruan tinggi sebagai platform yang dapat mempermudah tata kelola dan manajemen perguruan tinggi. 

SIAKAD 4.0 berkomitmen untuk dapat membantu perguruan tinggi dalam memberikan layanan pendidikan terbaik, dan tidak hanya sudah terintegrasi dengan berbagai layanan keuangan, SIAKAD 4,0 Mataer Digital juga dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi lainnya yang berbeda vendor ataupun pengembang.

Mudahkan proses pembayaran akademik perguruan tinggi anda demi layanan pendidikan yang lebih baik bersama SIAKAD 4.0 Mataer Digital!

Write a comment
Your email address will not be published. Required fields are marked *